Pendampingan di SD dan SMPIT LHI merupakan bentuk pendampingan WRC di tataran sekolah. Kesesuaian misiĀ SDIT LHI dengan kegiatan ESD diharapkan menjadi salah satu faktor pendukung terselenggaranya kegiatan ini. Dengan kurikulum yang berbasis pembelajaran holistik dan integratif, SDIT LHI memiliki misi menghadirkan dunia yang lebih baik, penuh kedamaian, serta memperhatikan keberlanjutan sumber daya alam, maupun sumber daya manusia untuk generasi yang akan datang. Selain itu, latar belakang daerah asal keluarga peserta didik yang tersebar di Yogyakarta diharapkan dapat berdampak meluasnya kegiatan ini, karena dalam proses pembelajarannya melibatkan keluarga.
Sejauh ini SDIT LHI telah menginisiasi beberapa kegiatan implementasi 4R, diantaranya pemilahan sampah menjadi 3 (organik, plastik, dan kertas) serta pengkomposan sampah organik, namun demikian hasil yang dicapai masih belum optimal. Kegiatan-kegiatan tersebut hanya berlangsung secara sporadis dan temporer. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kerjasama dengan UGM dalam bentuk pendampingan dan fasilitator kegiatan, maka kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bisa lebih terfokus, sistematis, dan berkelanjutan.